twitter



SISTEM PEREDARAN DARAH
A.JANTUNG       
            Jantung adalah organ yang berfungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh .jantung terdapat pada suatu kantong dari jaringan ikat yang  di sebut perikardium.
1.struktur anatomi jantung
            Jantung di bentuk oleh otot jantung dan jaringan ikat . organ tersebut terdiri atas tiga lapisan yaitu epikardium , miokardium , dan endokardium . Epikardium ( lapisan terluar ) di sususn oleh jaringan ikat. Miokardium ( diantara lapisan epikardium dan endokardium ) berfungsi untuk maenagtur keceoatan denyut jantung . endokardium ( lapisan terdalam ) di sususn oleh selapis jaringan endotalium.
            Dua serambi (antrium ) dan dua bilik (ventrikel) .serambi merupakan ruangan tempat masuknya darah dari vena, sedangkan bilik bertanggung  Jawab untuk memompa darah ke luar jantung.
Simpul saraf yang terdapat pada jantung adalah sebagai berikut :
a. nodus sino aurikularis
            terdapat pada dinding serambi kanan dan becabang-cabang membentuk saraf weinchebah
b. nodus atrioventrikularis
            terdapat oada sekat antar serambi.
c. nodus bundel His
            terdapat pada sekat antar bilikdan bercabang-cabang.
2. LINTASAN DARAH di DALAM JANTUNG
            Vena kava superior dan vena kava inferior yang membawa darah miskin O2 dan kaya CO2 memasuki serambi kanan . melalui klep trikuspidalis, darah di kirim ke bilik kanan.
3. CARA KERJA JANTUNG
            Saat serambi berkontraksi , biklik berelaksasi dan begitu pula sebaliknya. Serambi kanan menerima darah dari dua vena kava , sedangkan serambi kiri menerima darah dari vena pulmonari. Kedua serambi kemudian berkontraksi bersamaan untuk mendorong darah darah ke dalam bilik yang terelaksasi .
4. TEKANAN DARAH
            Darah terdorong ke pembuluh aarteri di seluruh tubuh.  Dorongan untuk menimbulkan tekanan . tekanan sistolik di hasilkan oleh darah yang terdorong ke dalam arteri saat jantung yang berkontraksi seadangkan tekanan diastolik adlah tekanan di dalam arteri saat jantung relaksasi. Sistole dan diastole menyusun satu kali detak jantung yang berlangsung sekitar 0,85 detik. 
 
B . pembuluh darah
            pembuluh darah adalah organ yang berfungsi untuk mengangkat darah yang ataupun menuju jantung. Manusia mempunayi tiga jenis pembuluh darah , yaitu arteri (pembuluh nadi ) , kapiler ( pembuluh halus) , dan vena ( pembuluh balik). Arteri nerfungsi untuk membawa darah yang keluardari jantung . kapiler merupakan tempat pertukaran zat antara darah dan cairan jaringan, sedangkan vena berfungsi untuk  mengembalikan darah ke jantung.
5. JALUR PEREDARN DARAH
            Ada dua jalur peredaran utama pada jantung , yaitu peredaran pulmonari, dan peredarn sistemik.
            a. peredaran pulmonari
darah miskin O2 dari seluruh bagian yubuh terkumpul di serambi kanan, kemudian di alirkan ke bilik kanan . bilik kanan akan memompa darah ke dalam batang paru-paru. Saat  darah mengalir melalui kapiler paru-paru , CO2 di bebeskan dan O2 diikat.
            b. perdaran sistemik
Drah yang kaya akan O2 dari serambi kiri masuk ke bilik kiri.    
C . DARAH
            Darah adalah cairan jaringan yang dialirkan melalui pembuluh. Jika kadar O2 dalam darah tinggi , maka warnanya menjadi merah muda . sebaliknya, jika O2 rendah dalm darah , maka darah berwarna merah tua.
1. STRUKTUR DAN KOMPOSISI DARAH 
            Darah terdiri at as sel-sel darah ( sel darah merah dan sel darah putih ), trombosit (keping darah) dan plasma darah.
a. Plasma Darah
            Plasma darah adalah cairan darah yang berwarna kekuningan . lebih kurang 92 persen dari plasma adalah air, sedangkan sisanya berupa garam dan molekul organik. Bagian plasma darah yang berperan dalam pertahanan tubuh adalah serum. Fibrinogen berfungsi dalam pembekuan darah. Peredaran Getah Bening Terdapat dua pembuluh limfe besar : 1. Duktus Limfatikus Dekster. 2. Duktus Torasikus. Di sepanjang pembuluh tersebut terdapat kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai filter terhadap bibit penyakit. Bila terjadi infeksi dalam tubuh maka tedadi pembesaran kelenjar limfe regional. Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah
- Anemia Þ Kadar Hb tidak mencukupi (di bawah normal).
- Hemofilia Þ Kekurangan faktor pembekuan darah, darah sukar membeku.
- Lekimia Þ Penyakit keganasan darah (kanker darah)
- Sklerosis Þ Pengerasan dinding pembuluh nadi. Atherosklerosis disebabkan oleh lemak, sedangkan Arteriosklerosis disebabkan oleh kapur.
-Trombus dan Embolus Þ Gangguan jantung karena terdapat gumpalan pada nadi tajuk (arteri koronaria).
- Varises Þ Pelebaran pembuluh vena akibat kerusakan pada katup-katupnya. Bila terjadi di rektum disebut Hemoroid (Wasir).