twitter


  

Dari Sudut Pandang Orang Indonesia

How to say : Turut Berduka Cita

Expressing condolences : Ungkapan duka cita / turut berduka:
  • My condolences : Saya turut berduka cita
  • This is to convey my deep condolences to you and your family. Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya (terhadap apa yang menimpa) dirimu dan keluargamu.
  • I’m sorry to hear your (family, friend, lover) passed away : Saya ikut berduka mendengar (keluarga/ teman/kekasih) anda telah meninggal dunia.

How to say : Maaf …

2 Comments
Berikut ini beberapa ungkapan untuk mengungkapkan permohonan maaf:
Umum:
  • I’m sorry (I am sorry)
  • I would like to apologize
  • I beg your pardon
  • I’m very/terribly/so sorry
I’m (I am) sorry ….. 

  • I am sorry about that : Saya minta maaf mengenai hal itu. (sesuatu yang barusan anda lakukan terhadap lawan bicara anda)
  • I’m sorry for taking so long to write back. I was really busy last week: Saya minta maaf, saya baru sempat membalas (surat/email). Saya sangat sibuk minggu lalu.
  • I’m sorry about what I said last night: Saya  minta maaf atas apa yang saya katakan semalam.
  • I’m sorry I shouldn’t have said that : Saya minta maaf. tidak seharusnya saya berbicara/ngomong seperti itu.
  • (on your cellphone, as you rush to a meeting) I’m sorry! I won’t be able to make it (on time). I’ll be there in (about) 20 minutes: (Berbicara di hp, saat anda terburu-buru pergi ke sebuat pertemuan). Saya mohon maaf, sepertinya saya nggak bisa tepat waktu. Saya akan tiba sekitar 20 menit lagi.
  • Sorry to keep you waiting, I will talk to you soon : Maaf sudah bikin lama menunggu, saya tidak lama lagi (orang tersebut sudah lama menanti anda dan anda masih sibuk).
I would like to apologize/apologise for …


  • I wolud like to apologize for being late : Saya mohon maaf atas keterlambatan saya. (atau : Maaf, saya terlambat, misalnya rapat barusan dimulai, namun anda terlambat datang)
  • I would like for apologise forgetting about our meeting/appointement: Saya mohon maaf atas kealpaan saya akan pertemuan/perjanjian kita.
Sorry for/about :
  • Sorry for any inconveniences (formal situation) : Mohon maaf atas segala ketidaknyamanan.
  • Sorry for any trouble i have caused : Mohon maaf atas segala masalah yang telah saya buat.
  • Sorry for using the wrong word: Mohon maat atas kekeliruan pemakaian kata.
  • Sorry for getting you into this troble : Mohon maaf sudah melibatkan anda dalam masalah ini.
  • Sorry about missing class today : Mohon maaf karena tidak mengikuti kelas hari ini.
  • Sorry about not going to class lately : Mohon maaf karena saya tidak masuk kelas belakangan ini
  • Sorry about the mistakes I have made : Mohon maaf atas segala kesalahan yang telah saya perbuat.
  • Sorry about what happened last night : Mohon maaf atas kejadian semalam.
I’m sorry  to (about news you get berita/kabar yang anda terima)
  • I’m sorry to hear that : Saya turut sedih mendengarkannya.
  • I’m sorry to hear that you are not feeling well: Saya turut prihatin atas kesehatan anda saat ini.
  • I’m sorry to hear that you missed your flight/train : Saya turut sedih karena anda ketinggalan pesawat/kereta.
  • I’m sorry to hear that you are having problems at home : Saya ikut prihatin atas masalah yang menimpa anda di rumah (anda).
  • I’m sorry to hear that your car was stolen : Saya ikut prihatin mendengar bahwa mobil anda dicuri orang.
  • I’m sorry to hear that your house war burgled : Saya ikut sedih mendengar bahwa rumah anda dirampok.
  • I’m sorry to hear about your condition : Saya turut prihatin mendengar kondisi (kesehatan) anda.
  • I’m sorry to hear about your diagnosis and wish you a speedy recovery : Saya ikut prihatin mendengar hasil diagnosa (penyakit yang menimpa anda) dan semoga lekas sembuh.
  • I’m sorry to hear about your exam result. Saya turut sedih mendengar hasil ujianmu
  • I’m sorry hear about your mother (illness or death) : Saya turut sedih/berduka cita mendengar (penyakit/kematian) ibumu.
Reacting to an apology : Balasan atas permintaan maaf
  • There’s no need to apologize : Tak perlu meminta maaf
  • Please, don’t apologize!: Saya mohon, tidak usah minta maaf
  • Never mind : Tidak apa-apa/tidak masalah.
  • Don’t be sorry for that! : Tak perlu meminta maaf untuk hal itu
  • It’s OK. Don’t worry : Tak apa-apa, tak usah kuatir
  • It’s OK. I understand : Tidak apa-apa, saya mengerti
  • It’s OK but please, be more careful next time. Oke, tapi tolong hati-hati lain kali.
  • It’s OK but please, don’t do it again. Oke, tapi tolong jangan lakukan lagi
  • Apologies accepted! : Permohonan maaf diterima!
Prefacing bad news : Ungkapan pembuka untuk menyampaikan sesuatu hal yang kurang menyenangkan atau berita buruk
  • I’m sorry (I have) to tell you this, but … : Maaf, saya harus menyampaikan hal ini, namun …
  • I hate to tell you this, but …: Saya berat untuk menyampaikan hal ini, namun…
  • I don’t know how to tell you thos, but …: Saya tidak tahu bagaimana menyampaikan hal ini, namun …
  • I have some bad news : Saya punya berita buruk
  • (Formal situation) We regret to inform you that …: Dengan menyesal kami harus menyampaikan kepada anda bahwa …
Beberapa cara penulisan dan penyebutan bilangan pecahan dalam bahasa Inggris
  • 1/2 : one half (seperdua, setengah)
  • 1/3 : one third (sepertiga)
  • 1/4 : one quarter (seperempat)
  • 1/5 : one fifth (seperlima)
  • 3/4 : three quarters (tiga per empat)
  • 2/3 : two third (dua per tiga)
  • 1 1/2 : one and a half (satu seperdua/setengah)
  • 1 1/3 : one and a third (satu sepertiga)
  • 1 1/4 : one and a quarter (satu seperempat)
  • 2 3/4 : two and three quarters (dua tigaperempat)

How to say : Terima kasih …


Berikut beberapa cara mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Inggris:
Umum :
  • Thank you
  • Thanks (informal)
  • Thank you very/so much.
  • That was very kind of you : Kamu baik sekali.
Terima kasih atas bantuan/pertolongannya:
  • Thank you for your help/assistance/support.
  • Thank you so much for all you have done to help/support me
  • Thank you for helping me out / give me a hand :
  • That was very kind of you : Kamu baik sekali.
Terima kasih, saya sangat menghargai :
  • Thank you for your help/assistance and I appreciate much
  • I really appreciate what you have done to support me.
  • I really appreaciate your quick replies to all my letters.
Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya:
  • Thank you for your work/contribution
  • Thanks for contributing
  • Thank you very much for your attention
  • Thank you very for participating in our last week’s meeting
Thank you/thanks ……. (ucapan terima kasih lainnya):
  • … for sharing your knowledge : Terima kasih sudah berbagi ilmunya
  • … for your very useful information : Terima kasih atas informasi berharganya
  • … for your advice, it was very helpful : Terima kasih atas nasihatnya, (nasihat tsb) sangat membantu.
  • … for your prompt response : Terima kasih atas tanggapan yang cepat.
  • … for listening, I feel muck better now : Terima kasih udah mendengarkan, saya udah merasa lebih baik (lega) sekarang.
  • … for not telling anything to my mother : Terima kasih, kamu nggak cerita apa-apa sama mamaku.
  • … for coming to my house to fix my computer : Terima kasih udah datang kerumah untuk memperbaiki komputerku.
  • … for letting me borrow your tools yesterday : Terima kasih udah minjamin perkakasmu kemarin.
  • … for allowing me to stay overnight the other day. I was too tired to drive back home : Terima kasih udah ngasi tempat bermalam waktu itu. Saya benar-benar capek bawa (mobil) untuk pulang kerumah.
  • … for accompanying me to the doctor yesterday : Terima kasih udah nemenin ke dokter kemarin.
  • … for being such a good friend : Terima kasih sudah menjadi teman yang begitu baik bagi saya.
  • … for taking my mother to the airport : Terima kasih udah ngantarin mamaku ke Airport.
  • … for taking such good care of my cat while I was away : Terima kasih udah merawat kucingku dengan baik sewaktu saya sedang pergi.
  • … for donating your time for this project : Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk (terlibat) dalam kegiatan (proyek) ini.
  • … for visiting our website : Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.
I would like to thank you …. (saya ingin mengucapkan terima kasih …):
  • … for inviting me to your house at that time : … atas undangan ke rumahmu waktu itu.
  • … for letting me stay with you while I was in your village : … karena kamu bersedia aku tinggal dirumahmu sewaktu aku ke kampungmu.
  • … for speaking at our meeting Monday evening. Your speech was very inspiring : … sudah berbicara (bertindak selaku nara sumber) pada rapat kami senin sore lalu. Pidato anda begitu memberikan inspirasi.

sumber : http://www.talkenglish.com/